Islam Nusantara ternyata menimbulkan kebingungan tersendiri bagi kalangan NU di tingkat bawah. Menanggapi hal itu, Wakil Ketua Lembaga Bahtsul Masail (LBM) PBNU Dr Abdul Moqsith Ghazali menyatakan bahwa sebenarnya konsep Islam Nusantara belum selesai.

Dalam sebuah acara bertajuk “Ngaji Islam Nusantara, Membumikan Islam: Nusantara Persembahan ISNU untuk Bangsa dan Negara” yang digelar Ikatan Santru NU (ISNU) di Gedung Dakwah Purwakarta Ahad (06/12), seorang perserta dari Muslimat NU curhat soal Islam Nusantara. Di acara yang dihadiri Wakil Ketua Lembaga Bahtsul Masail (LBM) PBNU Dr Abdul Moqsith Ghazali dan Rais Suriyah PBNU Purwakarta KH Abun Bunyamin itu, dia mengaku kebingungan menjawab pertanyaan masyarakat soal gagasan yang diusung Pengurus Besar Nahdlatul Ulama itu. Pasalnya, orang-orang menganggap konsep itu bakal menyelisihi agama Islam sendiri.

Menanggapi keluhan itu, Abdul Moqsith Ghazali menyatakan bahwa akidah Islam Nusantara masih sama dengan ormas-ormas Islam yang lain. Dia menyebut bahwa jika Islam Nusantara ingin mengubah Al-Qur’an dengan bahasa Indonesia sebagai fitnah.

Menurutnya, Islam Nusantara adalah Islam yang mengakomodir budaya. Dia menyontohkan bahwa adanya bermacam-macam shalawat merupakan bagian dari budaya. Termasuk juga berjenggot, yang menurutnya soal kepantasan. “Kita ini pendek, jadi tidak pantas pakai jenggot panjang,” ujarnya.

Saat ditemui Kiblat.net seusai acara, Moqsith mengatakan bahwa curhatan peserta tersebut sebagai sesuatu yang wajar. “Islam Nusantara per konsep kan sebenarnya belum selesai, baru dirancang oleh Lembaga Bahtsul Masail,” ujarnya.

 Karenanya, lanjut Moqsith, masih mungkin terjadi keragaman pandangan mengenai Islam Nusantara. Dia juga menilai wajar jika ditingkat bawah ada sebagian yang tidak mengerti.

“Apakah Islam Nusnatara ingin mengubah bacaan shalat yang bebahasa Arab menjadi bahasa Indonesia, kan ternyata tidak,” tukasnya.

“Qurannya masih Quran yang sama, kira-kira begitu,” pungkasnya.



Reporter : Imam S.
Editor: M. Rudy
Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: